Print Friendly and PDF LANDASAN BERAGAMA ULAMA SYAFI’IYYAH | PERUMNAS I Selada Raya
Home » » LANDASAN BERAGAMA ULAMA SYAFI’IYYAH

LANDASAN BERAGAMA ULAMA SYAFI’IYYAH

Written By Rachmat.M.Flimban on 07 Maret 2013 | 21.47

Print Friendly and PDFPrint Friendly

Alhamdulillah, sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad صلي الله عليه وسلم, keluarga dan sahabatnya رضي الله عنهم.

Mengenal landasan beragama atau sumber beragama (mashdar talaqqi) merupakan perkara yang sangat urgen, karena lurusnya sumber beragama dan benarnya mashdar talaqqi sangat menentukan keberadaan seseorang atau suatu jama'ah dalam memahami permasalahan-permasalahan agama dan mengamalkannya. 

Mashdar talaqqi sangat berpengaruh dalam menentukan alur pemikiran mereka dalam mencari kebenaran.

Oleh karena itu, merupakan keistimewaan ahlussunnah wal jama'ah, bahwa sumber beragama mereka dalam seluruh permasalahan agama sangatlah lurus dan benar sehingga mereka selamat dari bermacam-macam kebatilan dan pertentangan yang menimpa ahlulbid'ah wal ahwa'. Sebabnya tiada lain adalah ahlussunnah menjadikan al-Qur'an dan Sunnah landasan utama dan sumber pengambilan dalil (rujukan) dalam segala permasalahan agama baik aqidah, ibadah, maupun akhlak. Mereka selalu berputar bersama keduanya. 

Mereka tidak membuat cara baru dan sumber yang bid'ah dalam beragama dari diri mereka sendiri, seperti mimpi-mimpi, akal/logika, ilmu kalam, filsafat, dan lain-lain dari sumber yang bid'ah. Al-Imam al-Auza'i رحمه الله berkata:
نُدُورُ مَعَ السُّنَّةِ حّيْثُ دَارَتْ
"Kami (ahlussunnah) berputar bersama Sunnah ke mana pun ia berputar."#
Kemudian mereka dalam memahami al-Qur'an dan Sunnah selalu kembali kepada pemahaman salaf sholih, sehingga hal ini menjadi syi'ar mereka dalam beragama. Nah, sumber (landasan) ini pulalah (al-Qur'an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salaf) yang dijadikan oleh ulama syafi'iyyah yang setia berjalan di atas manhaj al-Imam asy-Syafi'i sebagai landasan dalam seluruh perkara agama.

Selengkapnya Klik Disini


Artikel:Perumnas I Selada Raya

Ingin Mendapat Tambahan Pahala dan Terkabul Do'a?
Sebarkan informasi ini, agar Anda mendapat Pahala Berbagai Ilmu Bermanfaat
Do'kan kebaikan untuk kami, agar Anda mendapat Kebaikan Yang sama
Do'akanlah agar pengelola website ini beserta keluarga besarnya Allah jadikan panjang umur dan bertakwa, diampuni segala dosa, sehat-kaya-bahagia hingga akhir usia. Dengan mendo'akan kebaikan untuk kami, Insya Allah Anda mendapat kebaikan yang sama.
Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda : "Do'a seseorang muslim untuk saudaranya ketika saudaranya tidak mengetahuinya adalah do'a yang mustajab (terkabulkan). Disisinya ada malaikat yang bertugas (mengaminkan do'a-nya). Setiap kali dia mendo'akan kebaikan untuk saudaranya, malaikat tersebut berkata : Amin, engkau akan mendapatkan yang sama dengan-nya." {HR. Muslim no. 2733}.

Temukan Kami di Facebook Kunjungi TUNTUNAN ISLAM
Kunjungi CENTRAL SELADA RAYA
Twitter



Ingin Bergabung untuk Mendapatkan Artikel-artikel Terbaru!
Silahkan Tinggalkan Alamat E-Mail Pada kolom dibawah ini,Dengan Demikian Anda akan Menerima Email Setiap ada Artikel/Posting Terbaru.


Delivered by FeedBurner
Print Friendly and PDFPrint Friendly
Share this article :


 
Support : Tuntunan Islam | Central Selada Raya | Al Islam
Copyright © 2013. PERUMNAS I Selada Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger