Fatwa Ulama: Peringatan Hari Ibu
Kategori: Fatwa Ulama
Fatwa Syaikh Dr. Sholih bin Fauzan Al Fauzan hafizhohullah
Soal:
Menurut Anda, apa hukum peringatan hari Ibu dan hari
kelahiran lainnya. Apakah termasuk bid’ah hasanah ataukah bid’ah sayyi-ah?
Jawab:
Peringatan hari kelahiran, baik kelahiran Nabi (Maulid
Nabi), kelahiran ulama, kelahiran raja, kelahiran pemimpin, semua termasuk
perayaan yang tidak dituntunkan dalam Islam. Allah tidaklah pernah menurunkan
ajaran itu semua.
Kelahiran yang paling diagungkan adalah kelahiran Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun tidak ada satu keterangan dari beliau
sendiri, begitu pula dari Khulafaur Rosyidin, begitu pula dari para sahabat,
para tabi’in dan orang-orang yang berada di kurun terbaik bahwa mereka
memperingati kelahiran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Peringatan ini
termasuk amalan yang dibuat-buat yang baru muncul setelah kurun terbaik dari
umat Islam (masa sahabat dan tabi’in, -pen), yang direka-reka oleh orang yang
tidak berilmu.
Mereka hanya mengikuti Nashrani yang memperingati hari kelahiran
Isa Al Masih ‘alaihis salam. Nashrani telah membuat-buat ajaran yang sebenarnya
tidak diajarkan oleh agama mereka sendiri.
Isa Al Masih ‘alaihis salam tidaklah
pernah menganjurkan untuk memperingati hari kelahirannya sendiri. Jadi,
Nashrani hanya mereka-reka, lantas hal ini diikuti oleh kaum muslimin selepas
kurun terbaik dari umat Islam (yaitu generasi para sahabat).
Intinya, peringatan Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam sama dengan yang diperingati oleh Nashrani dalam acara Natal (kelahiran
‘Isa), itu semua hanyalah perkara yang tidak ada tuntunan. Karena para Nabi
tidaklah pernah memerintahkan pada umatnya untuk memperingati hari kelahiran
mereka.
Yang diperintahkan pada umat mereka adalah untuk mengikuti petunjuk
para Nabi tersebut yaitu mengikuti syari’at Allah. Inilah yang dituntunkan.
Adapun peringatan hari kelahiran (termasuk pula peringatan
hari Ibu yang ditanyakan, -pen), kesemuanya hanyalah membuang-buang waktu dan
harta, dan hanya menghidupkan amalan yang tidak dianjurkan dalam Islam. Ini
semua hanya akan membuat umat Islam berpaling dari ajaran Islam yang
dituntunkan. Wallahul musta’an. (*)
السؤال :
ما حكم الشرع في نظركم بالاحتفال بعيد الأم وأعياد
الميلاد وهل هي بدعة حسنة أم بدعة سيئة؟
الجواب :
الاحتفال بالموالد سواء مواليد الأنبياء أو مواليد
العلماء أو مواليد الملوك والرؤساء كل هذا من البدع التي ما أنزل الله تعالى بها من
سلطان وأعظم مولود هو رسول الله صلى الله عليه وسلم ، ولم يثبت عنه ولا عن خلفائه الراشدين
ولا عن صحابته ولا عن التابعين لهم ولا عن القرون المفضلة أنهم أقاموا احتفالاً بمناسبة
مولده صلى الله عليه وسلم ، وإنما هذا من البدع المحدثة التي حدثت بعد القرون المفضلة
على يد بعض الجهال، الذين قلدوا النصارى باحتفالهم بمولد المسيح عليه السلام، والنصارى
قد ابتدعوا هذا المولد وغيره في دينهم، فالمسيح عليه السلام لم يشرع لهم الاحتفال بمولده
وإنما هم ابتدعوه فقلدهم بعض المسلمين بعد مضي القرون المفضلة.
فاحتفلوا بمولد محمد صلى الله عليه وسلم كما يحتفل
النصارى بمولد المسيح، وكلا الفريقين مبتدع وضال في هذا؛ لأن الأنبياء لم يشرعوا لأممهم
الاحتفال بموالدهم، وإنما شرعوا لهم الاقتداء بهم وطاعتهم واتباعهم فيما شرع الله سبحانه
وتعالى، هذا هو المشروع.
أما هذه الاحتفالات بالمواليد فهذه كلها من إضاعة
الوقت، ومن إضاعة المال، ومن إحياء البدع، وصرف الناس عن السنن، والله المستعان.
(http://www.saaid.net/mktarat/aayadalkoffar/37.htm)
* Hari Ibu adalah
hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya,
baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Di Indonesia hari ini
dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.
Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti
Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura,
Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris)
dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei.
Di beberapa negara Eropa
dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day
(dalam bahasa Inggris) diperingati setiap tanggal 8 Maret.
** Syaikh Dr. Sholih Al Fauzan adalah salah satu ulama
senior di Kerajaan Saudi Arabia, berdomisili di kota Riyadh. Beliau adalah
lulusan Doctoral pertama dari Jami’atul Imam Muhammad bin Su’ud di Riyadh KSA,
dari jurusan Fikih.
Beliau banyak memiliki tulisan dalam akidah dan banyak
menjelaskan kitab Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, juga memiliki karya dalam
bidang fikih seperti Al Mulakhos Al Fiqhiy. Kesibukan beliau saat ini adalah
sebagai anggota Al Lajnah Ad Daimah dan juga anggota Hay-ah Kibaril ‘Ulama.
Riyadh-KSA, 9 Shafar 1434 H Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal
Published by: Selada Raya, Rachmat Machmud Flimban
Ikuti di Facebook